Pengelolaan Inovasi Featured

Innovasi berarti melakukan perubahan yang berarti bagi perbaikan produk, pelayananan/ jasa, proses- proses dan model kegiatan organisasi untuk menciptakan nilai baru bagi stake holder organisasi. Innovasi baru harus bisa  memimpin kedalam dimensi  kinerja yang baru. Innovasi memerlukan lingkungan yang mendukung proses untuk mengindentifikasi peluang- peluang strategis dan dorongan untuk kecerdasan resiko.

Innovasi dibangun berdasarkan pada pengetahuan organisasi dan karyawan yang diakumulasi. Oleh karena itu kemampuan untuk menyebarkan dan mengkapitalisasi pengetahuan ini merupakan hal yang kritis dalam mengggerakan innovasi organisasi organisasi.

Bagaimana mengukur  innovasi dalam  organisasi.?

01Innovasi dalam konteks dengan Kepemimpinan yang diukur adalah bagaimana tindakan para pemimpin menciptakan enviropment/ lingkungan yang kondusif  agar Innovasi bisa berkembang dan menjadi alat untuk pencapain strategis.

02Innovasi dalam konteks Komunikasi dan Kinerja Organisasi maka yang diukur adalah bagaimana Pemimpin memampukan Innovasi  dan mecerdaskan SDM nya dalam Kecerdasan mengambil resiko.

03Innovasi dalam konteks dengan Mitra, Kaloburator, Supplier, dan Stakeholder Baldridge mengukur peran apa saja yang dimainkan mereka dalam mengkontribusi sehingga Innovasi dapat diimplementasikan.

04Innovasi dalam konteks  Perencanaan Strategis (Proses Pengembangan Strategi) yang diukur  adalah :
Bagaimana Anda menciptakan suatu lingkungan yang mendukung innovasi ?
Bagaimana anda mengindetifikasi Peluang Peluang Strategis ?
Bagaimana Anda memutuskan Peluang Strategis mana yang akan disasar dengan pengambilan resiko yang cerdas ?

Innovasi dalam konteks  Perencanaan Strategis (Proses Pengembangan Strategi) yang diukur  adalah  bagaimana Anda menciptakan suatu lingkungan yang mendukung innovasi? Bagaimana anda mengindetifikasi Peluang2 Strategis . Bagaimana Anda memutuskan Peluang Strategis mana yang akan disasar dengan pengambilan resiko yang cerdas. Apa saja saja Peluang peluang  stregis tersebut.

Self Assesment. Dalam menguraikan atau menjawab pertanyaan diatas sebenarnya sudah merupakan awal dari self assesment. Jadi dalam menjawab dan menguraikan pertanyaan diatas   haruslah jujur atas kejadian apa yang terjadi dilapangan , sehingga kalau maksud Anda menjawab pertanyaan ini bertujuan untuk peningkatan kinerja organisasi/ perusahaan maka   akan bisa lebih mudah dan lebih cepat  terwujud).


Sedangkan untuk mengetahui kualitas  tindakan Anda dalam mengelola dan mengembangkan Innovasi maka  kedalaman dan keluasan cara Anda dalam mengimplementasikan itu akan diukur dengan dimensi ADLI dan LeTCY, untuk hal ini maka haruslah memahami dan mendalami Kriteria Malcolm Baldridge secara komprehensif.-   jkt Juni awal 2013

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,