Substansi Value's, Trend dan Goal Featured

Indonesian Quality Award adalah nama perhargaan terhadap hasil penilaian kinerja ekselen hasil asesmen yang menggunakan metode pengukuran  berbasis MBCfPE “Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence” yang diases oleh tim examiner yang dikoordinasikan oleh IQA Foundation yang  independen.

Substansi dari Award?

Bisa berarti :  Pengakuan, Pencapaian, Pembuktian, Image, Kebanggaan, Superioritas , Prestasi. Juga  da- pat diartikan sebagai; Semangat, Keinginan dan Usaha Pimpinan Perusahaan untuk perbaikan kinerja menjadi lebih  baik dan  lebih baik lagi  (continous improvemen)  secara ekplisit.

Namun dari  ajang  IQA Award  ada  makna lain yang didapat oleh Peserta atau Aplikan,  selain dari hal- hal  yang disebut diatas ini; yakni ”Value’s” .

Value’s

Ini justru  jauh lebih bermakna dari Award itu sendiri, karena pada hakekatnya Perusahaaan itu harus terus tumbuh dan sustain! Dan untuk tumbuh dan sustain diperlukan ”tambahan” terhadap nilai nilai kinerja  yang sudah dicapai itu.  Dengan demikian akan menjamin dan mendorong perbaikan dapat berjalan secara terus menerus.

Memasuki Awarding ke 7, 2012 IQA Foundation, mulai banyak  menerima umpan balik dari para peserta yang konsisten mengikuti Award. Mereka mengakui banyak perubahan signifikan yang terjadi di dalam tubuh orgamisasi perusahaan sejak ikut serta. Seperti, sudah bisa melihat dan merasakan terjadinya perubahan budaya kerja yang positif, sehingga   timbul rasa percaya diri yang membanggakan, karena kini mereka yakin bahwa mereka bekerja dalam satu perusahaan yang dipimpin oleh jajaran yang mempunyai tujuan yang jelas dan etos kerja yang tinggi.

Trend

Kecenderungan aplikan turut serta dalam IQA Award kini mulai berubah!. Peserta, pada awal-awal IQA Award diselenggerakan umumnya untuk mencari score dan untuk “juara”. Kini, ikut dalam award bertujuan justru untuk mendapatkan "Feedback Report" yang akan dipergunakan sebagai dasar perbaikan kinerja organisasi  kedepan. Dengan demikian Aplikan sanggup membuat design perbaikan secara akurat ekonomis dan cepat, tidak dengan cara “trial by error” atau coba- coba dan menduga duga yang berpotensi terjerumus dari kegagalan satu ke gagalan berikut, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian baik cost financial yang mungkinbesar dan hilangnya waktu  secara percuma.

Alasan lain peserta ikut partisipasi dalam Award IQA adalah akan mendapatkan publikasi positif dari satu institusi yang credible, secara gratis dari masyarakat luas dan masyarakat “Baldridge”, yang mempunyai keyakinan bahwa setiap organisasi dan perusahaan yang mengimplementasikan Baldrige Criteria berarti berkeinginan dan siap untuk maju! Siap untuk berkompetisi demi memenangkan persaingan !!

Tujuan Pemberian Penghargaan

Memberikan Penghargaan kepada organisasi atas usaha membangun kinerja ekselen, dan pencapaian dan pertumbuhan kinerjanya dan appresiasi yang tinggi atas pretasi pada perusahaan yang  meraih skore tertinggi dalam ajang ini.

Meningkatkan kesadaran bahwa kinerja ekselen sebagai elemen penting bagi organisasi dalam bersaing.

Berbagi informasi / Sharring tentang keberhasilan dalam penerapan strategi kinerja sehingga dapat dijadikan referensi bagi mereka yang sedang dalam membangun kinerja ekselennya.-

Keterangan photo  :Photo (tengah) bersama Paduan suara PLN pada IQA 2009 bersama Dahlan Iskan selaku Direktur Utama.

Photo (bawah) :Saat pemberian Anugerah pada  acara IQA award 2010 kepada Fazwar Bujang sebagai Dirut PT Krakatau Steel.-

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,