Latar belakang lahirnya Kriteri Kinerja Baldridge




MBCfPE dikukuhkan lewat Public Law nomor 100-107. Malcolm Baldridge National Quality Improvement Act ditandatangani oleh Ronald Reagan President Amerika pada tanggal 20 Agustus 1987. Tujannya adalah untuk memperbaiki kualitas produk dan dan produktifitas perusahaan Amerika.dengan mempromosikan atau mengkampanyekan perlunya perhatian lebih perusahaan Amerika terhadap Kinerja Ekselen sebagai unsur yang semakin penting dalam mencapai keunggulan kompetitif

Di Amerika mulai tahun sejak tahun 1983 banyak perusahaan besar di AS mulai bangkrut, karena tidak sanggup bersaing dengan produk- produk Jepang. Puncaknya terjadi tahun 85-86, Detroit sebagai pusat dan awalnya Industri Outmotif Amerika yang diwakili perusahaan raksasa  raksasa seperti Ford Godge Chevrolet GMC pun hampir gulung tikar. Produk Elektonik Radio Televisi Kamera Mesin cuci buatan Amerika mulai ditinggalkan oleh bangsa Amerika sendiri, mereka lebih senang atau beralih ke Sonny Cannon Fujitsu buatan Jepang dan negara Eropah yang ternyata jauh lebih confisticated, lebih state  of the art lebih praktis dan nyaman dan lebih murah.
 
Sampai, akhirnya Malcolm Baldrige sebagai mentri perdagangan Amerika tampil dan berhasil mengumpulkan Industriawan besar Amerika para Akedemisi para Birokrat Politisi dan menyadarkan bangsa Amerika bahwa keunggulan Produk made in Amerika sudah dikalahkan oleh produk dari bangsa Jepang, dari satu negara yang mereka kalahkan dalam perang dunia ke 2 tahun 1945.dan mereka bantu untuk kembali untuk bangkit kembali dengan program yang dikenal "Marshal Plan" mengirimkan Demning untuk menata kembali perekonomian Jepang.yang hancur akibat perang.

Kegigihan Malcolm Baldridge untuk mengembalikan keunggulun Produk dan ke Digdayaan bangsa Amerika dibidang ekonomi akhirnya berhasil melahirkan satu metode. Adapun metode itu adalah sederetan kriteria dan pertanyaan yang disususun sedemikian rupa, sehingga mampu menggiring yang mengaplikasikannya pada kesadaran baru. Bahwa untuk bisa unggul dari pesaing maka kita harus lebih unggul dari pesaing.


Sederetan pertanyaan dan Criteria itu akhirnya disebut Malcolm Baldridge Criteria for Performance Ekselen atau disingkat MBCfPE. Sebagai bentuk penghargaan kepada Malcolm Baldridge yang meninggal karena kecelakaan sewaktu sedang menjalankan hobby-nya yakni Rodeo tahun 1987. Saat itu Dia masih menjabat sebagai menteri Perdagangan dalam kabinet Ronald Reagan.

Baldridge membuka wawasan


Harus kita pahami "Baldridge" adalah sederetan tuntutan untuk menjadi ekselen", kualitas "EKSELEN" lah yang mengembalikan kejayaan produk Amerika kembali mengungguli produk Jepang yang melejit karena kualitas, model, compact dan harga yang sangat bersaing berkat pengaplikasian metode "KEIZEN".
 
Kita baru kenal  "Keizen" liwat perusahaan Jepang yang ada di Indonesia seperti Astra Toyota Motor, Polytron Sanyo dll, Tapi jangan dijadikan alasan untuk tidak atau menunda menerapkan Baldridge. Karena begitu anda  menerapkan Baldridge maka banyak hal yang semula tidak terlihat akan tampak kepermukaan secara transparan dan jelas, dan membuka wawasan atau cakrawala pandangan jauh kedepan (Sudirman CEO Astra Daihatsu Motor), mengaplikasikan Baldridge akan merubah perusahaan atau gaya kepemimpinan yang Transaksional menjadi pemimpin yang Transformational yang Visioner yang akan mampu  membawa perusahaan menjadi perusahaan dari level "Good to Great" atau  Ekselen berdaya saing kelas Dunia sejalan dengan Visi perusahaan dan Missi yang diembankan pada Anda.

Sekarang Japan Quality Award juga  menggunakan Baldridge Kriteria sebagai tools untuk mengukur kinerja ekselen perusahaan. di Indonesia sudah ada Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT PN 3 Indonesia Power dan Pembangkit Jawa Bali yang sudah masuk dalam level Emerging Industry Leader.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,